Festival Wonderful Indonesia Menyedot Perhatian Masyarakat Oman

By Admin

nusakini.com--Festival Wonderful Indonesia yang berlangsung di Oman Avenues Mall pekan lalu berhasil menyedot perhatian publik setempat.

Panggung Wonderful Indonesia yang hadir di pusat perbelanjaan terbesar di Oman ini tampak dipadati oleh pengunjung sejak sore hingga malam hari.

Mereka antusias menyaksikan penampilan para penari dari Sanggar Ayoub Zyckra yang membawakan tari-tarian dari berbagai daerah di nusantara, seperti Tari Gebyar Bali, Bajidor, Lenggang Jakarta dan Galenyek.

Di sela-sela pertunjukan, para pengunjung juga diajak mengenal Indonesia lebih dekat melalui berbagai kegiatan interaktif, seperti wawancara, kuis dan penayangan destinasi-destinasi wisata Indonesia melalui perangkat virtual reality.

Empat agen wisata hadir pula di sekeliling panggung untuk menawarkan secara langsung paket-paket perjalanan ke berbagai tujuan di Indonesia. 

Duta Besar RI untuk Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk mendorong arus wisatawan Oman ke Indonesia yang menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir.

Selama periode Januari-Juli tahun ini, jumlah pengunjung asal Oman ke Indonesia telah mencapai 9.631 orang, melonjak 40 % dari periode yang sama pada tahun lalu. Menurut Musthofa, hal ini tidak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan oleh segenap unsur, mulai dari KBRI Muscat, Kementerian Pariwisata, hingga Diaspora Indonesia di Oman yang jumlahnya saat ini tercatat lebih dari 13.000 orang. 

Kehadiran Festival Wonderful Indonesia untuk pertama kalinya di Oman ditujukan untuk memanfaatkan tingginya animo masyarakat setempat berkunjung ke Indonesia. Rangkaian promosi ini berlangsung selama hampir sepekan, dimulai dari Resepsi Diplomatik memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia pada tanggal 2 Oktober yang dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dari para penari yang dibawa tim Promosi Wonderful Indonesia.

Selanjutnya, pada tanggal 3 Oktober digelar promosi kuliner bertajuk "The Taste of Indonesia" yang menyajikan keragaman makanan khas Indonesia disertai dengan kelas memasak nasi goreng dan dadar gulung. Pada hari yang sama juga diselenggarakan Travel Gathering of Wonderful Indonesia untuk mempertemukan para pelaku usaha di bidang wisata dari kedua negara.

Acara ini dipadati pula oleh para peminat dari biro-biro perjalanan di Oman. Tercatat 48 agen wisata hadir pada pertemuan tersebut. Puncaknya adalah pagelaran Festival Wonderful Indonesia di Oman Avenues Mall pada tanggal 5-6 Oktober yang mampu menarik perhatian masyarakat Oman selama akhir pekan tersebut. 

Dubes Musthofa menegaskan bahwa upaya-upaya promosi seperti ini akan terus dilanjutkan oleh KBRI dengan menggandeng segenap masyarakat Indonesia di Oman. Dubes RI juga mengharapkan agar dukungan Kementerian Pariwisata dapat terus dilanjutkan sehingga momentum peningkatan arus wisatawan tersebut dapat terus bergulir.(p/ab)